Berita Detail




UJI KOMPETENSI PPNPN KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/ BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF

Bekraf, Jakarta – Biro Umum dan Kepegawaian Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyelenggarakan Uji Kompetensi PPNPN di lingkungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang bertempat di Rivoli Hotel pada  hari Senin (18/11/2019). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pemetaan profil Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri Sipil (PPNPN), sebagai bahan pertimbangan untuk mengidentifikasi pegawai yang kompeten dan potensial serta mendukung manajemen SDM berbasis kompetensi.


Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerjasama dengan Lembaga Bimbel Akses selaku lembaga penyelenggara kegiatan penilaian kompetensi


Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari, yaitu pada hari Senin hingga Selasa pada tanggal 18 hingga 19 November 2019. Kegiatan ini diselenggarakan di Hotel Rivoli ruang Theatee 1 dan 2. Kegiatan diikuti oleh 265 orang PPNPN yang dibagi dalam empat (IV) sesi penyelenggaraan.


Kegiatan Uji Kompetensi PPNPN masing – masing dibagi dalam dua sesi hari pertama dan dua sesi hari kedua dengan peserta yang berbeda – beda.  Sesi I dilaksanakan pada pukul 09.00 hingga 12. 30 dan sesi II dimulai pada pukul 14.00 hingga 17.30.


Kegiatan Uji Kompetensi PPNPN dibuka oleh Dr. Anggara Hayun Anujuprana, ST.,M.T selaku Kepala Biro Umum dan Kepegawaian Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dalam sambutan pembukaannya disampaikan bahwa tujuan penyelenggaraan semata untuk melakukan profiling pegawai di Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif secara menyeluruh. Mengingat data potensi dan kompetensi pegawai yang belum terakomodir adalah pada pegawai PPNPN.


Pada kegiatan Uji Kompetensi inipeserta melaluilima (5)jenis tes, antara lain pengetahuan umum, penilaian diri, penilaian atasan, sikap kerja dan kepribadian.Tes pengetahuan umum dilakukan dengan metode Computer Assisted Tes (CAT), yang terdiri dari Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Inteligensi Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Tes penilaian diri dan penilaian atasan dilakukan dengan metode pengisian Google form, sedangkan tes sikap kerja menggunakan metode paper based test psikometri.