Berita Detail




Uji Coba Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) di Lingkungan Biro Umum dan Kepegawaian

Bekraf, Jakarta – Biro Umum dan Kepegawaian mengadakan uji coba Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) pada Selasa (10/09/2019) bertempat di Ruang Rapat Lantai 3, Gedung Wisma Antara. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan pegawai di Lingkungan Biro Umum dan Kepegawaian Badan Ekonomi Kreatif serta Pihak PT Smart Technology.


Kualitas pengelolaan arsip lembaga menjadi salah satu indikator dalam penilaian Reformasi Birokrasi yang terkait dengan penilaian audit kearsipan eksternal oleh Arsip Nasional Republik Indonesia. Biro Umum dan Kepegawaian perlu mendorong pengelolaan arsip di Lingkungan Badan Ekonomi Kreatif untuk sesuai dengan kaidah kearsipan yang berlaku. Untuk mewujudkan hal tersebut, kita mengembangkan Aplikasi SIKD sebagai sarana pengelolaan arsip dinamis yang efisien dan efektif.


Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan uji coba terkait implementasi pengelolaan arsip dinamis menggunakan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) di Lingkungan Biro Umum dan Kepegawaian.  Melalui kegiatan ini dihasilkan saran dan masukan dari pengguna sebagai dasar perbaikan untuk mengembangkan Aplikasi SIKD menjadi lebih baik.


Membangun budaya kerja pengelolaan arsip menggunakan Aplikasi SIKD merupakan tantangan yang tidak mudah. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menjawab tantangan tersebut yaitu mengadakan uji coba dan sosialisasi untuk mewujudkan sinergi dalam mengimplementasikan sistem tersebut dengan optimal.