Berita Detail




TINDAK LANJUT HASIL EVALUASI KELEMBAGAAN BADAN EKONOMI KREATIF

Bekraf, Jakarta – Dalam rangka menindaklanjuti hasil evaluasi kelembagaan yang telah disusun oleh Badan Ekonomi Kreatif, Kementerian PAN dan RB menyelenggarakan pertemuan untuk melakukan Audit/Evaluasi Organisasi. Pertemuan ini diselenggarakan pada Rabu (4/9/2019) di Ruang Rapat Besar Lantai 18  Gedung Wisma Antara. Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Utama Bekraf, Kepala Biro Umum dan Kepegawaian Bekraf, Kepala Bagian Kepegawaian dan Organisasi Bekraf, Kepala Subbagian Organisasi dan Tata Laksana Bekraf, pelaksana Subbagian Organisasi dan Tata Laksana Bekraf, Kepala Subbidang Asesmen Kelembagaan Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kementerian PAN dan RB, perwakilan Tim Evaluasi dari Kementerian PAN dan RB, dan Tim Evaluator dari Sinergi.


Kegiatan diawali dengan perkenalan antara tim dari Bekraf, Kementerian PAN dan RB, dan Tim Evaluator dari Sinergi. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Luqman Rahmadi, selaku Kepala Subbidang Asesmen Kelembagaan Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kementerian PAN dan RB. Beliau menyampaikan maksud dan tujuan diadakannya Audit/Evaluasi Organisasi yang dilakukan di LPNK. Hal ini merupakan suatu wujud untuk melakukan simplicity organisasi pemerintahan di Indonesia. Beliau juga menyampaikan permohonan dukungan kepada Bekraf untuk dapat memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan Audit/Evaluasi Organisasi ini.


Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Nugroho Antono, Tim Evaluator dari Sinergi. Dalam pemaparan tersebut dijelaskan hal-hal terkait pemetaan postur organisasi, penataan birokrasi kelembagaan, pendekatan yang dilakukan untuk mewujudkan birokrasi yang efektif, tugas dan peran LPNK terkait, tim evaluator, dan Kementerian PAN dan RB dalam pelaksanaan Audit/Evaluasi Organisasi, dan dokumen yang dibutuhkan untuk menunjang pelaksanaan kegiatan seperti (1) Rencana Strategis Lembaga; (2) Hasil kajian terkait kelembagaan (dapat berupa hasil background study, roadmap, grand design organisasi); (3) Hasil studi banding; (4) Proses Bisnis; (5) dan dokumen pendukung lainnya. Selain itu, untuk mengetahui keadaan organisasi, Tim Evaluator memberikan beberapa kuesioner untuk dapat diisi oleh Bekraf yaitu Matriks Pendefinisian Kinerja Lembaga (output, outcome, dan impact) dan Matriks Arah Kebijakan dan Strategi Nasional 2020-2024 (RPJMN).


Kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan seputar Bekraf dari Restog K. Kusuma, Sekretaris Utama Bekraf dan Anggara Hayun Anujuprana, Kepala Biro Umum dan Kepegawaian Bekraf. Penjelasan tersebut berisi tentang sejarah pendirian, visi misi organisasi, tugas serta peran dan kontribusi yang telah Bekraf berikan kepada pelaku ekonomi kreatif selama 5 (lima) tahun berdiri.


Kegiatan diakhiri dengan penyerahan dokumen Rencana Strategis, Peraturan Pembentukan Bekraf, Susunan Organisasi dan Tata Kerja, serta draf Peta Proses Bisnis Bekraf oleh Sekretaris Utama kepada Tim Evaluator yang diwakili oleh Nugroho Antono. Kemudian untuk tahap berikutnya, pihak konsultan dan Kementerian PAN dan RB bersama dengan Bekraf akan melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) tahap pertama. FGD ini rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 12 September 2019 dengan mengundang narasumber dari Bekraf yakni Wakil Kepala dan 6 pimpinan dari Kesettamaan dan Kedeputian.