Berita Detail




RAPAT KOORDINASI PETA PROSES BISNIS BADAN EKONOMI KREATIF

Bekraf, Bogor – Dalam rangka menindaklanjuti kegiatan reviu Peta Proses Bisnis yang telah dilakukan pada 19 Agustus 2019 lalu, Biro Umum dan Kepegawaian c.q. Bagian Kepegawaian dan Organisasi Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyelenggarakan acara “Rapat Koordinasi Peta Proses Bisnis Badan Ekonomi Kreatif”. Rapat koordinasi ini diselenggarakan selama 2 (dua) hari yaitu Jumat s.d Sabtu, 6 s.d. 7 September 2019 bertempat di Aston Bogor Hotel and Resort, Bogor, Jawa Barat.


Acara ini dihadiri oleh para tamu undangan yang terdiri dari Sekretaris Utama, para Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Administrator Bagian, Pejabat Pengawas, serta perwakilan pegawai di lingkungan Bekraf. Selain itu, pada acara ini, Bekraf turut menghadirkan narasumber, yaitu Yanuar Ahmad (Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Sistem Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PAN dan RB); Adrinal (Kepala Bidang Penyiapan Kebijakan Tata Laksana Kementerian PAN dan RB); dan Faiq Nur Zaman (Konsultan dari PT. Formasi Sistem Internasional). 


Rapat dimulai dengan penyampaian laporan kegiatan pelaksanaan penyusunan peta proses bisnis oleh R.Adi Mukhtar Rivai, Kepala Bagian Kepegawaian dan Organisasi kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan acara dari Restog K. Kusuma selaku Sekretaris Utama Bekraf. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa penyusunan peta proses bisnis ini adalah sebuah langkah Bekraf untuk melakukan pembenahan terhadap peta proses bisnis yang ada sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja di lingkungan Bekraf. Beliau yakin bahwa dengan adanya peta proses bisnis ini Bekraf akan lebih mudah dalam melihat potensi masalah yang ada dalam proses pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing unit kerja sehingga masalah tersebut dapat diatasi dengan solusi yang tepat dan terarah. Pelaksanaan pekerjaan pun akan lebih terkendali sehingga dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan pekerjaan yang ada di lingkungan Bekraf.


Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemaparan dari narasumber pertama, Yanuar Ahmad dengan menyampaikan materi paparan terkait penyusunan peta proses bisnis. Dalam paparan tersebut narasumber menjelaskan latar belakang kebutuhan instansi pemerintah untuk menyusun peta proses bisnis serta tahapan dan metode dalam penyusunan proses bisnis. Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan peta proses bisnis dari narasumber kedua, Adrinal. Kedua pemaparan ini dipimpin oleh R. Adi Muktar Rivai selaku moderator.


Acara berlanjut dengan kegiatan diskusi terkait draf peta proses bisnis yang telah disusun oleh Biro Umum dan Kepegawaian dan Konsultan yang diawali dengan pemaparan dari Anggara Hayun Anujuprana selaku Kepala Biro Umum dan Kepegawaian dengan memaparkan draf peta proses bisnis level 0 dan 1. Dalam forum diskusi yang dipimpin oleh Helmi Suhendry selaku moderator, para Pejabat Tinggi Pratama memberikan masukan terhadap draf peta proses bisnis level 0 dan 1 tersebut agar sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing satuan kerja di lingkungan Badan Ekonomi Kreatif sehingga tercipta sebuah keselarasan dan menghindari terjadinya tumpang tindih fungsi.


Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan lembar pengesahan peta proses bisnis level 0 dan 1 oleh para Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Badan Ekonomi Kreatif. Penandatanganan ini merupakan bentuk dari kesepakatan bersama para  Pejabat Tinggi Pratama terhadap draf peta proses bisnis level 0 dan 1 yang telah disesuaikan berdasarkan masukan yang diberikan dalam forum diskusi. Untuk selanjutnya, setelah adanya kesepakatan untuk peta proses bisnis level 0 dan 1 ini, Biro Umum dan Kepegawaian bersama dengan konsultan dapat melakukan penyusunan dan pematangan dari peta proses bisnis level 2.