Berita Detail




Pokja Penataan Sistem Manajemen SDM menyelenggarakan Sosialisasi Penerapan Sistem Merit

Pokja Penataan Sistem Manajemen SDM Reformasi Birokrasi Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyelenggarakan Sosialisasi Penerapan Sistem Merit yang bertempat di Gedung Wisma Antara lantai 3 pada Rabu (21/8/2019). Acara ini diselenggarakan untuk memberikan informasi kepada pegawai di lingkungan Bekraf mengenai Sistem Merit beserta rencana penerapannya. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang diagendakan dalam rencana aksi Pokja Penataan Sistem Manajemen SDM.


Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Direktur Edukasi Ekonomi Kreatif, Poppy Savitri, yang juga merupakan Ketua Pokja Penataan Sistem Manajemen SDM. Poppy menyatakan pentingnya Bekraf menerapkan amanah PermenPANRB nomor 40 tahun 2018 tentang Pedoman Sistem Merit dalam Manajemen ASN dan Kepka Bekraf nomor 90 tahun 2019 tentang Roadmap Penerapan Sistem Merit di lingkungan Bekraf. Sistem Merit merupakan kebijakan ASN yang didasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar tanpa membedakan. Aspek-aspek sistem merit yakni: perencanaan kebutuhan, pengadaan ASN, pengembangan karier, promosi dan mutasi, manajemen kinerja, penggajian, penghargaan dan disiplin, perlindungan dan pelayanan, serta sistem informasi. Kegiatan ini diikuti oleh pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, pejabat pengawas, serta para pelaksana dan staf di lingkungan Bekraf.


Materi dalam kegiatan ini disampaikan oleh dua narasumber yaitu Kepala Biro Umum dan Kepegawaian, Anggara Hayun Anujuprana serta Kepala Bagian Kepegawaian dan Organisasi, R. Adi Mukhtar Rivai. Dalam kesempatan tersebut, para narasumber memberi gambaran mengenai Sistem Merit dan rencana aksi sebagai bentuk penerapan Sistem Merit di Bekraf. Bekraf telah melakukan beberapa kegiatan seperti penyusunan analisis jabatan dan analisis beban kerja, pemetaan profil pegawai, penyusunan standar kompetensi jabatan, serta sistem seleksi pegawai dengan menggunakan quasi assessment center sebagai salah satu metode penilaiannya. Rangkaian kegiatan tersebut dilakukan Bekraf sebagai upaya mewujudkan Sistem Merit. Para narasumber mengimbau agar seluruh pegawai dapat mendukung penerapan Sistem Merit sehingga tercipta profesionalisme ASN di Bekraf