Berita Detail




KICK OFF PENYUSUNAN SMM BIRO UMPEG BADAN EKONOMI KREATIF

Bekraf, Jakarta – Dalam waktu dekat ini, Badan Ekonomi Kreatif akan melakukan penyusunan dokumen Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015. Sebagai langkah awal untuk memulai Sistem Manajemen ISO 9001:2015 tersebut, Biro Umum dan Kepegawaian Badan Ekonomi Kreatif menyelenggarakan acara “Kick Off Meeting Penyusunan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di Lingkungan Biro Umum dan Kepegawaian Bekraf. Acara ini diselenggarakan pada Selasa, 3 September 2019 yang bertempat di Ruang Rapat Gedung Wisma Antara Lantai 3. Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Utama, Kepala Biro Umum dan Kepegawaian, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, dan para pegawai Biro Umum dan Kepegawaian di lingkungan Badan Ekonomi Kreatif.


Acara dibuka oleh Anggara Hayun Anujuprana selaku Kepala Biro Umum dan Kepegawaian Badan Ekonomi Kreatif. Pada pembukaan acara tersebut, beliau menyampaikan antusiasnya terhadap rencana penyusunan Sistem Manajemen Mutu di Biro Umum dan Kepegawian Bekraf yang berstandar ISO 9001:2015. Hal ini didorong rasa keinginan beliau untuk dapat memenuhi komitmen dalam memberikan pelayanan umum dan kepegawaian yang berkualitas sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan terus melakukan perbaikan kualitas yang berkelanjutan. Tentunya penyusunan SMM ISO 9001:2015 ini akan berjalan sukses jika para pejabat dan pegawai di lingkungan Biro Umum dan Kepegawaian Bekraf dapat bekerjasama dengan baik dan memiliki komitmen yang tinggi.


Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Restog K. Kusuma, Sekretaris Utama Badan Ekonomi Kreatif. Beliau menyampaikan harapannya terhadap penyusunan SMM ISO 9001:2015. Ini merupakan sebuah titik terang bagi Biro Umum dan Kepegawaian untuk dapat terus melakukan perbaikan kinerja dan pelayanan yang ada. Target kedepannya, Biro Umum dan Kepegawaian bisa mendapatkan sertifikasi SMM dari Lembaga Sertifikasi Manajemen (LSM).


Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Kepala Subbagian Organisasi dan Tata Laksana, Helmi Suhendry dengan menyampaikan proses yang akan dilalui selama 3 (tiga) bulan mendatang untuk menyusun SMM ISO 9001:2015 ini. Penyusunan SMM ISO 9001:2015 ini juga akan didampingi oleh Besar Winarto yang merupakan konsultan dari PT. Eltra Wiratama Konsultan. Beliau yang nantinya akan terus memberikan pelatihan dan konsultasi dalam penyusunan SMM ISO 9001:2015 di Biro Umum dan Kepegawaian Bekraf. Beliau juga turut menyampaikan paparan terkait tahapan besar sebuah organisasi dalam menyusun ISO 9001:2015 sehingga organisasi layak untuk maju mengikuti sertifikasi pada tahun 2020 mendatang sesuai yang ditargetkan. Keempat tahapan tersebut ialah (1) Pencanangan yang meliputi awareness pegawai terhadap ISO 9001:2015 dan GAP Analysis; (2) Pembangunan sistem Manajemen Mutu yang meliputi pembentukan tim, SOP, dan pembakuan daftar periksa dokumen; (3) Implementasi yang meliputi sosialisasi Manual Mutu dan SOP, pelaksanaan audit internal, dan penyusunan laporan; (4) Sertifikasi yang meliputi pre- assessment dan final assessment.


Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Kontrak Manajemen Biro Umum dan Kepegawaian yang diwakili oleh Sekretaris Utama, dan para Kepala Bagian di lingkungan Biro Umum dan Kepegawaian. Setelah itu, terdapat penyerahan dokumen secara simbolis sebagai bentuk pemberian amanat kepada konsultan untuk mendampingi Bekraf menyusun SMM ISO 9001:2015 di Biro Umum dan Kepegawaian Bekraf.