Berita Detail




Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata Ekonomi dan Kreatif Menyelenggarakan Kegiatan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia untuk Para Pegawainya

Kemenparekraf/Baparekraf, Bogor – Kemenparekraf/ Baparekraf melalui Biro Umum dan Kepegawaian mengadakan kegiatan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (Capacity Building) di lingkungan Sekretariat Kementerian/Sekretariat Utama dalam rangka melakukan peningkatan kualitas layanan sumber daya manusia di lingkungan Sekretariat Kementerian/ Sekretariat Utama. Kegiatan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari, yaitu pada tanggal 28 s.d. 30 November 2019 dan berlokasi di Athalia Resort Puncak, Bogor, Jawa Barat.


Kegiatan dibuka oleh Restog Krisna Kusuma selaku Plt. Deputi Riset, Edukasi, dan Pengembangan pada hari pertama (28/11/2019). Dalam pembukaannya, beliau menyampaikan betapa pentingnya sebuah kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif sebagai sebuah satu kesatuan lembaga untuk bersama-sama memajukan sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia di masa depan. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kolaborasi antar pegawai dalam pelayanannya terutama di bidang layanan manajemen sumber daya manusia. Beliau mengharapkan setiap pegawai dapat berperan aktif dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Anggara Hayun Anujuprana selaku Kepala Biro Umum dan Kepegawaian Anggara Hayun dengan judul “PELAYANAN PRIMA”. Dalam paparannya, beliau menyampaikan hal-hal terkait pemberian pelayanan prima, diantaranya ialah mengenai prinsip, tujuan, dan manfaat dari pelayanan prima. Beliau berharap pelayanan prima ini dapat diterapkan oleh seluruh pegawai dalam pekerjaannya sehari-hari. Tentunya hal tersebut dapat membantu para pegawai untuk mempercepat proses pekerjaanya serta pencapaian kinerja yang optimal. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi “TANTANGAN PEMBANGUNAN APARATUR SIPIL NEGARA” yang disampaikan oleh Cecep Rukendi selaku Kepala Biro Umum, Kepegawaian, Hukum, dan Organisasi. Adapun dalam paparannya beliau memberikan penjelasan mengenai roadmap pembangunan ASN serta hal-hal yang diperlukan dalam pengembangannya. Di era Industri 4.0 tentunya akan memberikan tantangan yang luar biasa untuk para ASN. Lingkungan yang dinamis dan serba cepat ini mengharuskan para ASN untuk dapat kerja keras dan kerja cerdas sehingga dapat menaklukkan tantangan tersebut. Untuk itu, beliau memberikan 10 kunci sukses sebagai bekal para ASN dalam menghadapi berbagai tantangan di amsa mendatang. Pada akhir sesi penyampaian materi, peserta kegiatan diajak berperan aktif dengan kegiatan tanya jawab dan kuis di setiap akhir sesi materi melalui mentimeter program. Kuis ini diadakan untuk mengukur pemahaman peserta terhadap materi yang diberikan, sekaligus sebagai alat ukur keberhasilan penyampaian materi oleh narasumber. Setelah penyampaian materi oleh Anggara Hayun Anujuprna dan Cecep Rukendi, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Mochammad Hamdi yang merupakan narasumber untuk memberikan materi mengenai “PENGELOLAAN PERUBAHAN DIRI”. Para peserta sangat antusias dengan materi yang melibatkan para peserta untuk mengenal karakter masing-masing peserta. Beliau juga menyampaikan bahwa kita perlu memiliki keberanian untuk keluar dari zona nyaman dan pola pikir yang sempit. Hal tersebut sangat diperlukan karena merupakan kunci sukses untuk dapat menghadapi segala tantangan yang ada pada era ini. Pemaparan dari Mochammad Hamdi berlangsung hingga pukul 23.00 sekaligus sebagai akhir kegiatan pada hari pertama.


Pada hari berikutnya, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan “Fun Offroad” dan “Paint Ball Games” yang dipandu oleh pihak panitia. Dalam dua agenda ini, peserta diajak untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan solidaritas. Perjalanan jauh, track yang sulit, serta tantangan dalam setiap games menjadi pengalaman baru dan berharga bagi tiap peserta terutama dalam meningkatkan kerja sama tim. Kegiatan berlangsung dari pagi hingga sore hari, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Ahmad Rekotomo selaku Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan pada malam harinya. Dalam paparannya, beliau mengangkat materi tentang “TARGET DAN PERENCANAAN 2020-2024 KEMENPAREKRAF/BAPAREKRAF”. Beliau juga menyampaikan hal-hal yang membuat para peserta lebih mengenal hal-hal seputar pariwisata dan ekonomi kreatif serta target kerja instansi dalam jangka waktu 5 (lima) tahun ke depan berdasarkan arahan Presiden RI. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi serta penutupan oleh R. Kurleni Ukar selaku Sekretaris Kementerian/ Sekretaris Utama. Pada penutupannya, beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat dan antusiasme yang begitu besar. Beliau berharap tentunya setelah mengikuti kegiatan ini para peserta memiliki semangat baru untuk terus berkontribusi memberikan pelayanan prima dalam mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif dengan terus menciptakan kolaborasi, inovasi, dan sinergi.Setelah penutupan, kegiatan dilanjutkan dengan acara ramah tamah oleh seluruh peserta.