Berita Detail




Inspektorat gelar Internalisasi Kebijakan Pengendalian Gratifikasi, Penanganan Benturan Kepentingan, dan Satgas SPIP dalam Rangka Penguatan Pengawasan Reformasi Birokrasi di Lingkungan BEKRAF

Bekraf, Jakarta-Dalam rangka Pelaksanaan Penguatan Pengawasan Program Reformasi Birokrasi dan sesuai dengan Peraturan Badan Ekonomi Kreatif Nomor 11 tahun 2017 tentang Pengendalian Gratifikasi di lingkungan Badan Ekonomi Kreatif. Inspektorat Badan Ekonomi Kreatif bekerjasama dengan Tim Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) telah menyelenggarakan Internalisasi Kebijakan Pengendalian Gratifikasi, Penanganan Benturan Kepentingan, dan Satgas SPIP. Adapun acara diselenggarakan pada hari Senin, 14 Oktober 2019, di Gedung Wisma Antara Lantai 3, para undangan yang hadir pada acara tersebut adalah Pejebat Eselon II, Pejabat Eselon III, Pejabat Eselon IV di Lingkungan Badan Ekonomi Kreatif, dan seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Perwakilan Calon Pegawai Negeri Sipil di setiap Unit kerja di Lingkungan Badan Ekonomi Kreatif.


Ibu Yuli Kamalia, Direktorat Gratifikasi KPK RI, menjelaskan beberapa poin penting mengenai titik-titik rawan atau level terjadinya gratifikasi dan benturan kepentingan di lingkungan Badan Ekonomi Kreatif, perbedaan antara Hadiah, Graifikasi, Illegal Gratuity, dan Suap dalam praktiknya, dan sikap yang harus diambil apabila menemui adanya praktik gratifikasi. "Misalnya pak Inspektur mengadakan acara pernikahan anaknya, sesama teman pejabat memberikan kado/hadiah itu boleh, bawahan memberi hadiah itu boleh, asalkan ada batasan wajar pemberian hadiah yaitu Rp 1.000.000,00." terangnya.


Inspektur Badan Ekonomi Kreatif, Bapak Dicky, selaku narasumber penyampaian materi sesi ke-2 Benturan Kepentingan, juga menjelaskan mengenai Sumber terjadinya Benturan Kepentingan, yaitu Gratifikasi, Perangkapan Jabatan atau Jabatan Ganda, Hubungan Afiliasi, kelemahan Sitem Informasi, dan Penyalahgunaan Wewenang.


Pada Sesi terakhir, Dr. Ir. Ahmad Rekotomo, SE, M.Si, selaku Ketua Satgas SPIP menyampaikan mengenai kondisi maturitas level SPIP Bekraf, dimana saat ini Bekraf menempati level 2,069 atau ada di tingkat maturitas “rintisan”. Dalam kesempatannya, beliau juga mengingatkan kembali mengenai (Kepka  Bekraf RI No. 46 tahun 2019 tentang Satuan Tugas Penyelenggaraan SPIP di lingkungan Bekraf), yang terdiri dari Penanggung Jawab (Sekretaris Utama Badan Ekonomi Kreatif), Penjamin Mutu (Inspektur Badan Ekonomi Kreatif), Tim Satuan Tugas (Ketua, Wakil Ketua, dan Anggota Tim yang terdiri dari perwakilan masing-masing Unit Kerja) dan Tenaga Pendukung. (Benita VS)